Rabu, 20 Juli 2011

Apa itu Agama ?

Agama, dalam bahasa jawa disebut juga dengan agomo merupakan suatu nilai yang mengatur sendi-sendi kehidupan manusia. Dalam perkembangan babat Islam di tanah jawa, para sunan Wali Songo menyebarkan agama Islam melalui seni dan budaya. Sperti Wayang, tembang, tari-tarian dan juga melalui sanepan. Begitu juga dalam menyebarkan suatu pegangan hidup berupa agama.
Agama bisa juga disanepo menjadi ageman, yang berarti pakaian. Dalam peribahasa jawa sering kita jumpai kalimat seperti berikut :
Ajining diri jalaran soko lathi
Ajining rogo jalaran soko busono
Kalau dalam bahasa indonesia bisa kita artikan seperti ini, Nilai kehormatan manusia dapat dilihat dari segala yang keluar dari Perkataannya. Dan Fisik manusia dapat dinilai dari pakaian yang dikenakannya.
Coba kita urai, busono=ageman=pakaian=agama=nilai; rogo=diri=manusia.
Supaya raga kita mempunyai nilai lebih maka harus menggunakan pakaian (ageman), karena orang yang tidak menggunakan pakaian (alias telanjang) biasanya orang yang memiliki kelainan. Oleh sebab itu agama bisa juga diibaratkan sebagai ageman yang melekat pada diri manusia yang memberikan nilai lebih sebagai makhluk yang bermoral.
Begitu mendasarnya dan sederhananya para pinisepuh kita dalam memberikan suatu gambaran kepada masyarakat jawa pada saat itu, sehingga mampu merasuk dalam sendi-sendi kehidupan. Baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Memang agama dicipta untuk mempermudah manusia untuk mencapai tujuan hidup, bukan membikin rumit. Bahkan menimbulkan pandangan yang anti agama. Hal ini disebabkan memang kita sebagai manusia yang mengaku modern ini terlalu rumit dalam memaknai agama itu sendiri, jadinya ya serba kemrawutan seperti sekarang ini.
Agama Islam, dalam bahasa jawa bisa diibaratkan, agama = ageman; dan islam = slamet = singkatan (Isak, Subuh, Luhur, Asar lan Magrib). Mempunyai arti Agama Islam adalah ageman atau nilai yang membawa kesalamatan. Nah, ageman apa yang bisa membawa kita kepada keselamatan, yaitu ageman yang didalamnya memuat Isak, Subuh, Luhur, Asar lan Magrib.
Islam=slamet=bejo mempunyai makna yang memberi berkah kepada umat. Kalau diartikan kira-kira begini Agama Islam yaitu suatu kaidah nilai yang memeri berkah pada umat (rohmatan lil alamin).
Nilai yang dapat diambil dari uraian tersebut diatas, Jika kita merasa sebagai umat islam = baju kita adalah islam = ageman kita slamet dalam kehidupan sehari-hari harus rohmatan lil alamin. Dimana hal tersebut bisa kita lakukan,
kaping pisan nggo awake dewe, kaping pindo nggo kluargo, ping telu tonggo teparo.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

About Me

Foto Saya
Blog ini merupakan embrio dari apa yang mungkin solilokui, nonfiksi, atau sesuatu di antara. Dengan semangkuk wawasan pribadi saya tentang spiritualitas, sejumput ilmu pengetahuan, stoples isu lingkungan hidup, beberapa rempah-rempah sastra, dan karung peristiwa sederhana dari kehidupan sehari-hari saya, ini adalah dapur telanjang di mana setiap orang diundang untuk menonton bagaimana saya menyulap dengan semua bahan. Ketika itu dilakukan, Anda dipersilahkan untuk memiliki rasa bebas dari apa pun yang melayani di meja. Mungkin, bersama-sama, kita bisa memberikan nama. akan kemana hidup ini.

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.
 

Followers

Komentar


ShoutMix chat widget
 

Blogger news

Templates by Yusuf Avanza Powered by {N}Code & Blogger